KONSEP PENETAPAN HARGA PASAR DALAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN DAN IBNU TAIMIYAH DAN RELEVANSINYA PADA PERSAINGAN HARGA ONLINE SHOP SHOPEE
Isi Artikel Utama
Muthiullah
Abdul Aziz
Penetapan harga merupakan fenomena penting yang perlu dilakukan dipelajari lebih mendalam. Harga selalu berubah dari waktu ke waktu tergantung pada apa yang mempengaruhi mereka waktu itu. Perubahan permintaan dan penawaran merupakan hal yang sangat mempengaruhi kenaikan atau penurunan harga. Harga masuk Ekonomi Islam dipengaruhi oleh kondisi pasar di dalamnya dalam arti bahwa mereka bergantung pada tingkat permintaan dan persediaan. Ibnu Taimiyah mengutarakan pandangannya jika harga mengalir secara alami sesuai kondisi pasar, harga wajar akan muncul sehingga pemerintah tidak mengizinkannya ikut campur dalam pengaturannya.
Amir, Ruslin, Hamidun Bunawan, and Mohd Firdaus Yahya. 2018. “Cabaran Mahasiswa Dan Kolej Kediaman Mendepani Revolusi Industri 4.0.” Konvensyen Kepengetuaan Dan Felo Kolej Kediaman Universiri Awam Kebangsaan, 24–29.
Anwar, Iful. 2015. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.” Ilmu Dan Riset Manajemen 4.
Basrin, Juwani, and Intisari Haryanti. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Beli Ulang Pada Market Place Di Kota Bima.” Manajemen Dewantara 4 (2): 106–13. https://doi.org/10.26460/md.v4i2.8576.
Hidayana, Nugrhainy, and Chuzaimah Batubara. 2023. “Strategi Penerapan Manajemen Terhadap Marketing Digital Dalam Perspektif.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 806 (6): 806–10. https://doi.org/10.5281/zenodo.8151551.
Ibnu Khaldun. 2000. Muqadhimah Ibnu Khaldun. IV. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Islahi, Abdul Azis. 1997. Konsepsi Ekonomi Ibnu Taimiyah. 1st ed. Surabaya: PT. Bina Ilmu.
Jahrah, Abu. 1991. Ibnu Taimiyah. Mesir: Dâr al-Fikir al-Arab.
Karim, Adiwarman. 2003. Analisis Fiqh Keuangan. Jakarta: IIIT Indonesia.
Khaldun, Ibnu. 2000. Mukaddimah. Jakarta: Firdaus.
Muhammad Yusuf, Dwi Julianingsih, and Tarisya Ramadhani. 2023. “Transformasi Pendidikan Digital 5.0 Melalui Integrasi Inovasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi 2 (1): 11–19. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.328.
Negara, Andi Kusuma, and Hendra Galuh Febrianto. 2020. “Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal.” Business Management Journal 16 (2): 81. https://doi.org/10.30813/bmj.v16i2.2360.
Nurul Kumala, Firza Oktavia, and Moch. Khoirul Anwar. 2020. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Pt.Hasanah Mulia Investama.” Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 3 (2): 26–39. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p26-39.
Prasetyo, Totok Adhi, Nadya Faza Malika Syah, Aqil Ghofari, Noer Aidah, Umar Faruq, Marisa Mirzak, and Dyanul Khatimah. 2024. “Pengaruh Perang Rusia-Ukraina Terhadap Ekonomi International.” At-Tawazun, Jurnal Ekonomi Syariah 12 (01): 23–31. https://doi.org/10.55799/tawazun.v12i01.491.
Qoniah, Risa. 2022. “Tantangan Dan Strategi Peningkatan Ekspor Produk Halal Indonesia Di Pasar Global.” Halal Research Journal 2 (1): 52–63. https://doi.org/10.12962/j22759970.v2i1.246.
Rozalinda. 2018. Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Sabiq, Sayyid. 1971. Fiqhus Sunnah. III. Beirut: Dar Kitab al-Arabi.
Samsinas, Samsinas. 2009. “Ibnu Khaldun: Kajian Tokoh Sejarah Dan Ilmu-Ilmu Sosial.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 6 (3): 329. https://doi.org/10.24239/jsi.v6i3.143.329-346.
Siddiq, Muhammad Najetullah. 1995. Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Sobri Salamon. 1999. Ekonomi Islam : Pengenalan Sistem Dan Kemungkinan. Kuala Lumpur: al-Rahmania.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian. 2nd ed. Bandung: Alfabeta.
Taimiyah, Ibnu. 1976. Al-Hisbah Fi Al-Islam. Kairo: Dar al-Sha’b.
Tjiptono, Andi. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Yuesti, Agung Putu dan Anik. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: AB Publisher.