ANALISIS IMBAUAN PESAN EMOSIONAL TERHADAP RESPON SISWA STUNTING KELAS 1 SD DI KECAMATAN LEUWILIANG
Isi Artikel Utama
Titien Yusnita
Siti Nurhalizah
Ridho Rohman
Robiatul Cahya
Jenny Melinda
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa stunting kelas 1 SD terhadap Imbauan Pesan Emosional yang diberikan melalui permainan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 SD yang merupakan pasien stunting sejak usia 2 tahun dan mengikuti program konsultasi kesehatan dengan bidan setempat hingga usia 5 tahun. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif tentang respon dan sikap siswa kelas 1 SD terdeteksi stunting terhadap materi permainan yang diikuti menggunakan imbauan pesan emosional. Hasil penelitian menunjukkan imbauan pesan emosional mampu meningkatkan motivasi siswa untuk menuntaskan tugas yang diberikan. Selain itu, imbauan pesan emosional tidak selalu direspon positif oleh siswa tetapi juga dapat menimbulkan respon negatif sehingga mempengaruhi kecepatan penyelesaian tugas yang diberikan pada siswa.
Allo, K. T., Sara, I., & Marampa’, E. (2024). Mengintegrasikan Pembelajaran Sosial Dan Emosional Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di Kelas. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(2), 423–432.
Dasman, H. (2019). Empat dampak stunting bagi anak dan negara Indonesia. Theconversation.Com.
Dwi, A., Yadika, N., Berawi, K. N., & Nasution, S. H. (2019). Pengaruh Stunting terhadap Perkembangan Kognitif dan Prestasi Belajar.
Ginting, K. P., & Pandiangan, A. (2019). TINGKAT KECERDASAN INTELEGENSI ANAK STUNTING. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP
Kusuma Wardani, T., Uladah, K., & Artikel, I. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Stik Es Krim sebagai Media Belajar Bermain Anak di RA Darul Fikri Lingkung Desa Persiapan Peseng.
Lailah, I., & Khotimah, N. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Menggunting Dan Menempel Di Kelompok B TK Muslimat 2 Jombang.
Nyoman, N., Angginingsih, N., Asril, M., Gede, D., Wirabrata, F., Pendidikan, J., Anak, P., & Dini, U. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menggunting Pada Anak Usia Dini Melalui Media Papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 277–284. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/index
Rahmidini, A. (2020). Prosiding Seminar Nasional Kesehatan "Peran Tenaga Kesehatan Dalam Menurunkan Kejadian Stunting.
Sakti, S. A. (2020). Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Pengaruh Stunting pada Tumbuh Kembang Anak Periode Golden Age. 6(1), 169–175. https://doi.org/10.35569
Sumartini, E. (2020). Prosiding Seminar Nasional Kesehatan “Peran Tenaga Kesehatan Dalam Menurunkan Kejadian Stunting” Tahun 2020 STUDI LITERATUR : DAMPAK STUNTING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK.
Wahyudi. (2024). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan, 2(1), 21–28.
Yusnita, T., Lubis, D. P., Hubeis, M., & Kinseng, R. A. (2022). Pluralistic Family: Why They Let Their Children Get Married Early? Randwick International of Social Science Journal, 3(2), 343–354. https://doi.org/10.47175/rissj.v3i2.408