MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SD
Isi Artikel Utama
Hana Lestari
Alma Fauziah
Pirda Amaliyah
Model Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang pada prosesnya siswa dihadapkan pada suatu permasalahan nyata sehingga kemampuan pemahaman konsep dapat tingkatkan melalui model ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model PBL dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Penelitian dilakukan di SDN Cemplang 4 Kabupaten Bogor. Sample yang digunakan dalam penelitian berjumlah 31 siswa, yaitu dari 16 laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen yang digunakan yaitu tes soal pemahaman konsep dan lembar obseervasi. Tes kemampuan pemahaman konsep dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan pemahaman konsep siswa memperoleh rata-rata 62,81 pada pretest dan 83,0 pada posttest. Pengevaluasian data ditelaah dengan SPSS 21 for windows dengan uji Paired Sample t-test pada α (0,05) dan diperoleh nilai sig 0,000 < α (0,05), Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest.. Selanjutnya nilai N-gain (kategori sedang) sebesar 0,498. Maka penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa kemampuan siswa dalam memahami konsep mengalami peningkatan dari sebelum menggunakan model PBL lalu setelah menggunanakn model PBL.
Ariyana, Syaripudin, & Iriawan. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Benny Kurniawan, Dwikoranto, & Marsini. (2023). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka. Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1).
Christensen, L. B., Johnson, B., & Turner, L. A. (2014). Research methods, design, and analysis (12th ed.). Pearson.
Corwin. (2017). Why Is It Important for My Student to Learn Conceptually? Amerika Serikat: Corwin. Diambil kembali dari https://us.corwin.com/docs/default-source/booksamples/books-sample---246583---bookitem78589pdf.pdf?sfvrsn=18bcf8c7_0
Fauziah, A. A., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2023). Pengembangan Medıa Pembelajaran MONUZA Pada Materı IPA Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(1), 117–130. https://doi.org/10.31949/jee.v6v1.4658
Hastari, R. C., Anggreini, D., & Bakti, T. (2023). Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Penerapan Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan). 6(1).
Harianja, J. K., Subakti, H., Avicenna, A., Rambe, S. A., Muhammad, H., Ramadhani, Y. R., Sartika, S. H., Nirbita, B. N., Chamidah, D., Rahmawati, I., Lestari, H., & Panjaitan, M. M. J. (2022). Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif.
Hussein, Y. F. (2022). Conceptual Knowledge and its Importance in Teaching Mathematics. Middle Eastern Journal of Research in Education and Sosial Science, 3(1), 50-65. doi:10.47631/mejress.v3i1.445
Lestari, H. (2022). The Impact of the RADEC Learning Model Oriented ESD on Students’ Sustainability Consciousness in Elementary School. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(2), 113–122. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.11
Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., & Wulan, A. R. (2021). Infusion of Environment Dimension of ESD into Science Learning Through the RADEC Learning Model in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 205–212. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.817
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Lestari, H., Trimulyo, J., & Kristina, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MI / SD. 3 Rd E-Proceeding SENRIABDI 2023, 3, 813–824.
Luft, J. A. (2023, 05 09). The Global Importance of Sciense Education. Diambil kembali dari nsta (Natural Science Teaching Association): https://www.nsta.org/blog/global-importance-science-education
Nena Puspita Sari, & Afrida Hanum. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(1), 223–229.
Minarti, I. B., Nurwahyuni, A., Fajriyah, S. A., Sholekhah, S. D., Ardian, V. V., Lestari, S. A., & Firdaus, D. H. (2023). Integrasi Model Problem Based Learnig (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2). Diambil kembali dari https://mathedu.juln.org/index.php/edu/article/view/32
Purba, Chamidah, D., Anzelina, D., Nugroho, A., Mary, M., Lestari, H., Salamun, Suesilowati, Rahmawati, I., & Kato, I. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Yayasan Kita Menulis. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Rahmadani, A., Ariyanto, A., Shofia Rohmah, N. N., Maftuhah Hidayati, Y., & Desstya, A. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Media Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 127–141. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1415
Sasmita, R. S., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3472–3481. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1313
Siti Uswatun Khasanah. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengaruh Gaya Terhadap Arah Gerak Bend Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada siswa kelas IV di SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin . Universitas Lambung Mangkurat.
Thahir, R., Magfirah, N., & Anisa, A. (2021). Hubungan Antara High Order Thinking Skills dan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi. BIODIK, 7(3), 105–113. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.14386
Yanti, R. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Pringsewu, 4(1), 1-10. Diambil kembali dari http://repository.lppm.unila.ac.id/view/subjects/L1
Yasin, M., & Novalyosi. (2023). Systematic Literature Review : Integrasi Model Problem Based learning Dengan Media Pembelajaran Dalam Mneingkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 728-747. doi:https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.323
Yasmansyah, & Sesmirani, Z. (2022). Konsep Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelititan Ilmu Pendidikan, 1(1), 29-34. Diambil kembali dari https://jpion.org/index.php/jpi.
Wahyuni Depi Situ. (2023). Hubungan Antara Kemampuan Penalaran Ilmiah Dengan Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Hukum Gerak Newton (Studi Korelasional Peserta Didik XI IPA SMAN 1 Karangnunggal Tahun Ajaran 2022/2023. Universitas Siliwangi.