IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIST DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH DEPOK
Isi Artikel Utama
Kurikulum 2013 sangat berbeda dengan kurikulum lainnya. Kami menyadari bahwa masih banyak hambatan yang dapat mempengaruhi hasil pembelajaran, baik karena media yang digunakan maupun karena penilaian pada kurikulum 2013 lebih kompleks dibandingkan dengan kurikulum lainnya. Seperti pembelajaran Al-Quran dan Al-hadist. Masih banyak kekurangan yang di dapatkan dikarenakan kurang nya media pembelajaran dan strategi yang digunakan guru masih monoton. Pada kurikulum sekolah Madrasah Tsanawiyah di MTS Islamiyyah masih menggunakan Kurikulum 2013 sebagai pedoman untuk pembelajaran di kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode study kasus. Dengan melakukan Tindakan kelas sebanyak dua kali yang dilakukan untuk mengetahui keadaan kelas danproses pembelajaran. Untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum2013 di sekolah MTS Islamiyah Sawangan, dan proses pembelajaran dikelas yang dilakukan oleh guru. Pengumpulan data melalui wawancara, dan juga observasi kesekolah dan melihat proses pembelajaran. Memahami RPP dan Silabus yang sudah di buat olehh guru.
Kata kunci : kurikulum 2013, Madrasah Tsanawiyah, Al-Quran dan Hadist,
Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). (2008). (n.p.): Kencana.
Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. (2019). Indonesia: BUMI AKSARA
Desain Pengembangan Kurikulum 2013 Di Madrasah. (2017). Indonesia: Prenadamedia Group.
Pengembangan Kurikulum. (n.d.). (n.p.): LovRinz Publishing.
Chaniago, K. B., Hanif, M., & Hakim, D. M. (2022). model pembelajaran al-qur’an hadits dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di smp wahid hasyim malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 7(9), 49-58.
ari, asy’ari. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21.
L, I. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. 920–935.
maskur, maskur. (t.t.). Seni baca Al-quran: Metode efektif dalam pembelajaran Al-quran Hadits.