Media Pengembangan Flip Chart (Smart Pocket Book) “Organ Pencernaan Hewan Dan Manusia” Mi Al-Husna Tenjolaya Kelas V
Isi Artikel Utama
Penelitian ini diinformasikan oleh isu bahwa masih ada siswa yang belum terlibat dalam pembelajaran IPA dengan materi kelas V tentang sistem pencernaan hewan dan manusia. Padahal, guru MI telah menggunakan media pembelajaran berupa make-a-math di kelas sebagai bagian dari proses pembelajaran, namun mereka memiliki keterbatasan waktu untuk mengajar dan fasilitas yang tidak memadai. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan media flip chart (buku saku pintar) untuk pembelajaran IPA dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar siswa terhadap materi ilmu organ pencernaan baik pada manusia maupun hewan. TENJOLAYA MI AL HUSNA. Penelitian. ini dengan cara pendekatan pengembangan,.atau R&D, dengan desain penelitian yaitu Dengan kata lain, mampu menciptakan produk, menggunakan penelitian untuk menganalisis kebutuhan, dan menguji kelayakan produk sebelum merilisnya ke publik. Untuk menentukan apakah produk tersebut efektif, diperlukan penelitian yaitu media pembelajaran flip chart (buku saku pintar), pembelajaran aktif siswa kelas V SD. Dua ahli, pakar media dan pakar material, memvalidasi temuan penelitian tersebut. Media pada kartu flip chart mendapat skor (3) dari ahli media, atau 92,3%, dan skor (4) dari ahli materi, atau 94,5%. Nilai rata-rata dari ketiga angka tersebut adalah 5. Berdasarkan capaian skor tersebut, dapat ditunjukkan bahwa media pembelajaran kartu flip chart yang dikembangkan (smart pocket book) cocok digunakan dalam uji coba sebagai pengembangan media pembelajaran tradisional berupa media flip chart.
Fauziah, A. A., Lestari, H., Rahmawati, I., Guru, P., Ibtidaiyah, M., & Sahid, I. A. I. (2023). Pengembangan Medıa Pembelajaran MONUZA Pada Materı IPA Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Elementaru Edukasia, 6(1), 117–130. https://doi.org/10.31949/jee.v6v1.4658
Hutauruk, A., Subakti, H., Simarmata, D., Lestari, H., Al Haddar, G., Da’i, M., Purba, S., Khalik, M., & Cahyaningrum, V. (2022). Media Pembelajaran dan TIK. In Jakarta : Yayasan Kita Menulis (Vol. 5, Issue 3).
Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., & Wulan, A. R. (2022). Integration of Sustainable Development Education into Thematic Learning in Elementary Schools. AIP Conference Proceedings, 2468(December). https://doi.org/10.1063/5.0102663
Lestari, H., Banila, L., & Siskandar, R. (2019). Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis STEM Improving Student ’ S Science Literacy Competencies Based On Learning Independence With Stem Learning. 14(2), 18–23.
Lestari, H., & Siskandar, R. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan, 4(2), 597–604. https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/769
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Lestari, & Siskandar, R. (2021). Cultivating Green Behavior of Eco Literation-Based Elementary School Students during the COVID-19 Pandemic. Journal of Research in Science Education, 7(1), 49–53. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.477 Introduction
Purba, Chamidah, D., Anzelina, D., Nugroho, A., Mary, M., Lestari, H., Salamun, Suesilowati, Rahmawati, I., & Kato, I. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Yayasan Kita Menulis. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Soesana, A., Subakti, H., Karwanto, A., Kuswandi, F. S., Lena Sastri, I. F., Aswan, N., Hasibuan, F. A., & Lestari, H. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Wandira, P. N., Lestari, H., & Mukri, R. (2023). Efektivitas Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bogor. Primer Edukasi Journal, 2(1). https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/134
Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran RADEC Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawa Pendas, 8(1), 47–56.