Pengembangan Media Pembelajaran Dosean Pada Materi ASEAN
Isi Artikel Utama
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang diketahui masih ada peserta didik yang belum aktif di kelas VI pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi ASEAN, karena IPS adalah mata pelajaran yang memiliki banyak hafalan dan di dalam materi ASEAN tersebut terdapat banyak nama-nama negara, tokoh dan tahun yang membuat peserta didik kesulitan terhadap materi tentang ASEAN ini sehingga dibutuhkan kartu domino yang mengkongkritkan materi pada mata pelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan edukatif DOSEAN (Domino Asean ) pada materi yang terdapat di dalam buku tematik SD/MI kelas 6 tema 1 “Selamatkan Mahluk Hidup” subtema 1 “Tumbuhan Sahabatku” pada halaman 8 dan 9 topik IPS tentang ASEAN di SDN Tegallangkap 01 Kabupaten Bogor. Research and Development (R&D) adalah pendekatan yang digunakan pada penelitian ini dengan desain penelitian yaitu dapat menghasilkan produk maka menggunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan, dengan metode ADDIE akan tetapi hanya sampai tahap Analysiz, Design, dan Development. Diperoleh hasil validasi media persentase 95,3% dan validasi materi dengan persentase 96%. Maka hasil penelitian dari validasi tersebut dikategorikan “Sangat Valid” dan media pembelajaran DOSEAN layak untuk digunakan.
Asela, S., Salsabila, H., Hidayah, N., Lestari, P., Sihati, A., & Pertiwi, A. R. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Pai Bagi Gaya Belajar Peserta Didik Visual. Inovasi Penelitian, 1(7), 1–8.
Ayu, U., Jurusan, J., Guru, P., Dasar, S., Universitas Negeri Surabaya, & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Mimbar (Domino Bergambar) Materi Keragaman Sosial, Ekonomi, Budaya, Etnis, Dan Agama Di Indonesia. 06, 353–362.
Hutauruk, A., Subakti, H., Simarmata, D., Lestari, H., Al Haddar, G., Da’i, M., Purba, S., Khalik, M., & Cahyaningrum, V. (2022). Media Pembelajaran dan TIK. In Jakarta : Yayasan Kita Menulis (Vol. 5, Issue 3).
Khumaeroh, A., Nurhayati, T., & Jaelani, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berupa Kartu Domino Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Materi Penggolongan Hewan Kelas Iv Mi Wathoniyah Babadan Cirebon Tahun 2020. Universal Journal Of Education Research, 02, 99–119.
Kristanto, A., Pd, S., & Pd, M. (2016). Media Pembelajaran.
Lestari, H., Setiawan, W., & Siskandar, R. (2020). Science Literacy Ability of Elementary Students Through Nature of Science-based Learning with the Utilization of the Ministry of Education and Culture ’ s " Learning House ". Journal of Research in Science Education, 6(2), 215–220. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.410
Lestari, H., & Siskandar, R. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan, 4(2), 597–604. https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/769
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Martialiani, I. S., Istianti, T., & Arifin, M. H. (2021). Analisis Penerapan Berbagai Model Pembelajaran Terhadap Materi Sejarah Asean Di Sd. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (Jpips), Desember, 2021(13), 209–214. Http://E-Journal.Upr.Ac.Id/Index.Php/Jp-Ips
Munisah, E., & Kotabumi, U. M. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Elsa, 18, 1–32.
N.L.G. Wiratni, I.M. Ardana, & I.P.B. Mardana. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino Pada Pembelajaran Ipa Dengan Topik Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Untuk Peserta Didik Kelas Iv Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 120–134. Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Tp.V11i2.630
Purba, Chamidah, D., Anzelina, D., Nugroho, A., Mary, M., Lestari, H., Salamun, Suesilowati, Rahmawati, I., & Kato, I. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Yayasan Kita Menulis. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Rendana, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berupa Kartu Domino Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Kelas Iv Sd/Mi.
Tafonao Talizaro, & Kadesi Yogyakarta, S. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahapeserta Didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
Wandira, P. N., Lestari, H., & Mukri, R. (2023). Efektivitas Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bogor. Primer Edukasi Journal, 2(1). https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/134
Wardani, D. D. (2017). Pengembangan Media Kartu Domino Modifikasi Pada Pe,Belajaran IPA Materi Struktur Akar Dan Batang Tumbuhan Untuk Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Sanata Darma.