Kompetensi kepala sekolah/madrasah mencakup keterampilan yang harus dimiliki oleh kepala sekolah/madrasah dalam beberapa aspek penting. Mereka harus dapat memfasilitasi pengembangan sekolah, memberikan dukungan dan pembinaan, serta memastikan organisasi dan pengelolaan sumber daya sekolah berjalan dengan baik. Selain itu, mereka harus mampu bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, memberikan teladan, serta memahami, menanggapi, dan mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Penelitian ini menerapkan metode survei dengan pendekatan deskriptif. Hasil survei tersebut dianalisis menerapkan analisis regresi sederhana dan perhitungan koefisien determinasi. Populasi penelitian terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan di MTS swasta se-Kecamatan Tenjolaya, yang berjumlah 86 orang. Sedangkan sampel penelitian ini terdiri dari 71 orang yang dipilih menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling). Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kompetensi kepala madrasah (X) dan mutu pendidikan (Y) sebesar 0.597, ini mengindikasikan hubungan positif antara kedua variabel tersebut. Hasil regresi sederhana mengindikasikan bahwa thitung sebesar 6.175 dengan signifikansi 0.000 < 0.05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti kompetensi kepala madrasah berpengaruh secara signifikan terhadap mutu pendidikan. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.356 atau 35.6% mengindikasikan bahwa variabel kompetensi kepala madrasah menerangkan variasi dalam mutu pendidikan sebesar 35.6%.