Kajian ini dimaksudkan untuk menumbuhkan media pembelajaran contekan dengan mata pelajaran “Adawatu Madrosiyah” untuk mengenalkan jargon bahasa Arab kepada siswa kelas 2 MI. Subyek kajian ini adalah siswa kelas 2 MI Al Husna Tenjolaya. Untuk mengungkap mindfulness metakognitif digunakan Metacognitive Mindfulness Stock yang diubah dari media pembelajaran contekan mengingat jargon bahasa Arab. Tes persetujuan eksplorasi merupakan rubrik evaluasi yang diberikan oleh ahli materi dan ahli media. Konsekuensi persetujuan master materi konsentrasi mendapat skor 90,5% dan persetujuan master media mendapat skor 98%. Melalui eksplorasi ini terungkap bahwa konsekuensi persetujuan ahli media mendapat skor 98%, dengan kelas “sangat sah”, konsekuensi persetujuan ahli materi mendapat skor 90,5% dengan klasifikasi “sangat substansial”.
Hak Cipta (c) 2023 Sarah Mawahdah, Tita Hasanah, Miftakhul Anwar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.