MEDIA PUZZEGA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS VI DI SDN GUNUNG PICUNG 08
Isi Artikel Utama
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru masih menggunakan metode ceramah hal ini membuat siswa kesulitan dalam mempelajarai materi operasi hitung bilangan bulat sehingga dibutuhkan media agar membuat anak menjadi minat sehingga pemahamannya meningkat salah satunya adalah Puzzega (puzzle segi tiga) karena puzzega dengan bentuknya yang sederhana dan memiliki warna yang berbeda dan anak bisa membedakan bilangan bulat positif dan negative sehingga anak menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media puzzega (puzzle segitiga) pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas VI di SDN Gunung Picung 08. Dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE akan tetapi dibatasi sampai pada tahap development. Hasil penelitian terdiri dari tiga tahap yang pertama hasil analisis kebutuhan, kedua analisis desain dan ketiga development. Hasil penelitian ini dilakukan oleh 2 validator yaitu ahli media dan ahli materi. Dari ahli media puzzega (puzzle segi tiga) mendapatkan peroleh angka 87,2% dan dari ahli materi mendapatkan angka 100%. Dari kedua nilai tersebut memperoleh nilai diatas rata-rata dan hasil penelitian tersebut dikategorikan “sangat valid, dapat digunakan tanpa revisi” Maka dari itu perolehan skor tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran puzzega (puzzle segitiga) layak untuk dikembangkan dan diuji coba sebagai media pembelajaran konvensional berupa puzzega (puzzle segi tiga).