ETIKA BISNIS SAYYID HADRAMI DI DAERAH KHUSUS IBU KOTA JAKARTA (STUDI PT. NILAM WIDURI DAN PT. DAR AL-KUTUB AL-ISLAMIYAH)
Isi Artikel Utama
Habib Muhammad
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis etika bisnis kaum sayyid hadhrami di Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan menmgambil dua perusahaan yaitu PT. Nilam Widuri dan PT. Dar Al-Kutub Al-Islamiyah. Komunitas sayyid Hadhrami yang ada di wilayah ini sebagian besar sebagai pedagang minyak wangi dan kitab-kitab berbahasa Arab. Hal yang menarik adalah bahwa mereka mewarisi etika bisnis Islam secara turun-temurun dari generasi ke generasi hingga saat ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah normative-kualitatif di mana data diperoleh melalu observasi, wawancara dan studi di doumen yang terkait dengan obyek penelitian. Analisis data menggunakan norma etika bisnis dalam Islam dengan kesahihan data melalui triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bisnis yang dilakukan oleh komunitas syayid hadhrami di DKI Jakarta berkembang cukup baik. Hal ini terlihat dengan berbagai bidang usaha yang dilakukan oleh komunitas ini. Dua diantaranya adalah PT. Nilam Widuri dan PT. Dar al-Kutub Al-Islamiyah yang pemiliknya adalah termasuk syayid. Etika bisnis yang dilaksanakan oleh dua perusahaan tersebut telah selaras dengan etika bisnis Islam yang tercermin dari sifat Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam yaitu; shiddiq, amanah, fathanah, dan tabligh. Hal ini terlihat dalam Menjaga Kualitas Produk dan Hubungan baik yang merupakan implementasi dari sifat Shiddiq, Fathanah (Itqan) dan Tabligh. Terakhir bahwa kedua perusahaan juga meyakini bahwa adanya keberkahan sebagai tujuan Perusahaan sebagai implementasi dari sifat amanah. Keyakinan akan adanya keberkahan dalam bisnis yang menjadi tujuan selain keuntungan dunia.
V. Den Berg, Hadramaut dan Koloni Arab di Nusantara. Jakarta: INIS, 1989.
Hamka, Sejarah Umat Islam. Selangor: PTS Media Group Sdn Bhd, 2016.
A. Bisri, Syeikh Ahmad Syurkati (1874-1943) Pembaharu dan Pemurni Islam di Indonesia. Jakarta: Pustaka al-Kaustar, 1999.
H. al- Gadri, Islam dan Keturunan Arab. Jakarta: Mizan, 1996.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
A. Misno and A. Rifai, Metode Penelitian Muamalah. Jakarta: Salemba Empat, 2018.
L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XXVIII. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
S. Nasution, Metode Naturalistik Kualitatif, Cet. I. Bandung: Tarsito, 1996.
H. Nawawi and M. Hadari, Instrumen Penelitian Bidang Sosial, Cet. II. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1995.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Cet. XIV. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
J. Subagyo, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
L. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya, 2009.
A. K. Ahmad, Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Makassar: Indobis Media Centre, 2003.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
M. A. Tiro, Masalah dan Hipotesis Penelitian Sosial-Keagamaan, Cet: I. Makassar: Andira Publisher, 2005.
N. Muhajir, Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.
R. C. Bogdan and S. K. Biklen, Qualitative Research in Educatioan; an Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, 1998.