ANALISIS VISI MISI INSTITUT AGAMA ISLAM SAHID DALAM MEWUJUDKAN ISLAMIC ENTREPRENEURIAL UNIVERSITY
Isi Artikel Utama
Perguruan tinggi keagamaan Islam diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berjiwa kewirausahaan yang mampu menciptakan lapangan kerja. Demikian pula sebuah lembaga pendidikan Islam dalam hal ini Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS), khususnya Institut Agama Islam Sahid Bogor (INAIS) Bogor harus terus berusaha memperbaiki mutu sebagai upaua untuk menjaga eksistensinya dan bertahan ditengah kompetisi yang sangat ketat dalam dunia pendidikan sekarang ini. Untuk mencapai kondisi ideal tersebut, maka lembaga pendidikan tinggi secara umum dan dalam hal ini INAIS jelas harus memiliki visi dan misi yang sesuai dengan kebutuhan hari ini, esok dan masa depan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis Visi Misi Institut Agama Islam Sahid Dalam Mewujudkan Islamic Entrepreneurial University. Adapun jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus analitis deskriptif dan studi kepustakaan (library research). Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa Visi Misi Institut Agama Islam Sahid Dalam Mewujudkan Islamic Entrepreneurial University belum sepenuhnya tercapai karena terdapat kendala-kendala yang dihadapi oleh Institut Agama Islam Sahid salah satunya yaitu karena banyaknya profesi lulusan atau alumni yang bukan wirausaha sehingga perlu strategi yaitu ditingkatkan lagi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat seta didukung sarana prasarana yang menunjang ketercapaian kompetensi kewirausahaan.
Akilah, F. (2017). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan. IAIN Bone, 519.
Akdon. (2007). Strategic Management for Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Ancok, D. (1995). Nuansa Psikologi Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Pusat Statistik. (n.d.). Retrieved from www.bps.go.id: https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html
Basir , B. (2021). Manajemen Sumber Daya manusia (suatau pendekatan makro). Jakarta.
Chatib, M. (2011). Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa PT. Mizan Pustaka.
Darmawan, D. (2006). Dasar Teknologi dan Komunikasi . Bandung: UPI Press.
Haribowo, R. (2018). Analisis visi dan misi fakultas ekonomi dan bisnis universitas mulawarman. JEBM (Journal of Economics and Bussiness Mulawarman, 76-81. Retrieved from http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA
Gitosardjono, S. S. (2013). Wirausaha Berbasis Islam & Kebudayaan. (M. D. Prof. Dr. Ir. H. Musa Hubeis, Ed.) Jakarta: Pustaka Bisnis Indonesia.
Hermawan, A. (2019). Peran Perguruan Tinggi Islam Dalam Mewujudkan Wirausahawan Yang Berkarakter. Jurnal Alfatih Global Mulia, 69-82.
Hubeis, M. (2022, Juli 15). Analisis Visi Misi Institut Agama Islam Sahid Bogor dalam Mewujudkan Entrepreneurial University. (D. Purwati, Interviewer)
Julianto, A. S. (2003). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi.
Kholiluzzair, M. (2014, Januari). Pembenahan Karakter Wirausaha Indonesia Melalui Konsep Islamic Enterprenership. Raushan Fikr, 3, 89-90.
Muslim, B. (2022, Juli 27). Analisis Visi Misi Institut Agama Islam Sahid Bogor dalam Mewujudkan Entrepreneurial University. (D. Purwati, Interviewer)
Rahmat, I. (2022, Juli 28). Analisis Visi Misi Institut Agama Islam Sahid Bogor dalam Mewujudkan Entrepreneurial University. (D. Purwati, Interviewer)
STATUTA. (2019). STATUTA Institut Agama Islam Sahid. Bogor.