http://jurnal-inais.id/index.php/JPE/issue/feed Primer Edukasi Journal 2024-07-09T00:00:00+00:00 KERIS KARTONO keriskartono2017@gmail.com Open Journal Systems <p><em><strong>PRIMER EDUKASIA</strong> is an Islamic education journal published by the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education (PGMI) of the Sahid Islamic Entrepreneurial University (INAIS) Bogor. It is a semi-annual journal published in June and December to develop Islamic education, especially Islamic basic education and maintain scientific traditions in universities. Editors accept scientific articles and research results according to their segmentation as an Islamic basic education journal, in the form of developing teaching materials, curriculum, learning design, basic education management, and learning practices.</em></p> <p><em><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220828142378510">E-ISSN 2961-9742</a></em></p> <p> </p> http://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/451 ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD/MI 2024-06-26T08:22:04+00:00 Wildatul Maulida maulidawildatul@gmail.com Rusdiono Mukri rusdionomukri@inais.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan &nbsp;mengajar dalam &nbsp;pembelajaran Bahasa Indonesia dengan memberikan&nbsp; keterampilan pada proses pembelajaran, karena sering kali guru menyampaikan materi hanya dengan menggunakan metode ceramah saja tanpa memberikan keterampilan lainnya dalam proses pembelajaran. Keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bisa dengan menggunakan metode menjelaskan, bukan dengan cara metode ceramah, tetapi dengan cara keterampilan yang dimiliki oleh seorang guru ataupun dengan memanfaatkan media yang dijadikan sebagai alat penunjang bagi siswa dengan maksud tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Dengan demikian semakin baik cara guru dalam penyampaian materi maka siswa akan semakin mudah dalam meningkatkan pemahamannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian <em>literature review</em> atau penelitian kepustakaan. Kajian pustaka dilakukan dengan cara mengumpulkan referensi yang terdiri dari beberapa penelitian terdahulu, yang kemudian dibandingkan untuk menarik kesimpulan.</p> 2024-07-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Wildatul Maulida, Rusdiono Mukri http://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/460 PENGARUH PENERAPAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI MENCOBALANG II KABUPATEN GOWA 2024-06-28T02:01:07+00:00 Fitrah Sri Natasya ftrhsry@gmail.com Marjuni ftrhsry@gmail.com Hamsiah Djafar ftrhsry@gmail.com Andi Halimah ftrhsry@gmail.com Chairati Saleh ftrhsry@gmail.com <p>Skripsi ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui keterampilan menulis puisi peserta didik sebelum penerapan media gambar fotografi Kelas IV SD Negeri Moncobalang II Kabupaten Gowa. (2) Mengetahui keterampilan menulis puisi peserta didik setelah penerapan media gambar fotografi di kelas IV SD Negeri Moncobalang II Kabupaten Gowa. (3) Mengetahui perbedaan keterampilan menulis puisi peserta didik sebelum dan setelah penerapan media gambar di kelas IV SD Negeri Moncobalang II Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian <em>Pre-Eksperimen</em>, dengan desain penelitian <em>one-grup pretest-postest design</em>. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan nilai rata-rata realitas menulis puisi pada peserta didik sebelum penerapan media gambar fotografi sebesar 64,33. Sementara nilai rata-rata keteramplan menulis puisi pada peserta didik setelah penerapan media gambar fotografi sebesar 91,67. Hasil analisis data menggunaan uji-t diperoleh nilai persentase pada kategoti sebesar 86,7% dan kategori rendah mencapai 13,3%. Ini menunjukkan terdapat pengaruh positif hasil keterampilan menulis puisi peserta didik di SD Negeri Moncobalang II Kabupaten Gowa sebelum dan setelah penerapan media gambar fotografi dengan hasil uji <em>paired sample t-test</em> dapat dilihat bahwa diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikansi yang diperoleh tersebut lebih kecil dari ???? (0,000 &lt; 0,05). Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan&nbsp; yang signifikan antara sebelum dan setelah penerapan media gambar fotografi dan dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima.</p> 2024-07-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Fitrah Sri Natasya, Marjuni, Hamsiah Djafar, Andi Halimah, Chairati Saleh http://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/461 EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE AT-TAHQIQ TERHADAP KEMAMPUAN PELAFALAN MAKHARIJ AL-HURUF PESERTA DIDIK KELAS I MIN KABUPATEN GOWA 2024-06-28T02:21:35+00:00 Nurwahidah Aris wahidah.17.nur@gmail.com Hamka wahidah.17.nur@gmail.com Munirah wahidah.17.nur@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis bentuk penerapan metode <em>at-Tahqiq </em>di kelas I MIN Kabupaten Gowa, 2) Menganalisis kemampuan peserta didik dalam melafalkan <em>makharij al-huruf hijaiyah </em>setelah penerapan metode <em>at-Tahqiq, </em>3) Menganalisis apakah metode <em>at-Tahqiq </em>efektif terhadap &nbsp;&nbsp;kemampuan pelafalan <em>makharij al-huruf Hijaiyah </em>di kelas I MIN Kabupaten Gowa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara . Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Bentuk penerapan metode <em>at- Tahqiq </em>di kelas I MIN Kabupaten Gowa dalam pembelajaran pelafalan huruf <em>hijaiyah </em>yaitu dengan memberikan contoh cara penyebutan atau pelafalan huruf <em>hijaiyah </em>yang baik dan benar, kemudian peserta didik diberikan kesempatan untuk menirukan atau melafalkan kembali sesuai dengan contoh secara perlahan berulang-ulang, 2) Peserta didik sudah menunjukkan kemajuan yang sangat baik ditandai dengan peserta didik sudah mampu melafalkan huruf <em>hijaiyah </em>sesuai dengan tempat keluarnya huruf, 3) Penggunaan metode <em>at-Tahqiq </em>dinilai efektif terhadap pembelajaran pelafalan <em>makharijul huruf hijaiyah </em>pada peserta didik kelas I di MIN &nbsp;Kabupaten Gowa karena dalam penerapan metode <em>at-Tahqiq </em>peserta didik sudah mampu melafalkan huruf <em>hijaiyah </em>dengan baik dan benar.</p> 2024-07-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Nurwahidah Aris, Hamka, Munirah http://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/462 PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR PAI BERBASIS STRATEGI EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI PARANGLOE LATA KABUPATEN GOWA 2024-06-28T03:10:59+00:00 Sri Wahyuni siwahtunjj@gmail.com Marjuni wahidah.17.nur@gmail.com Muzakkir siwahtunjj@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas V sebelum menggunakan bahan ajar PAI berbasis strategi ekspositori di SD Negeri Parangloe Lata Kabupaten Gowa. (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas V setelah menggunakan bahan ajar PAI berbasis strategi ekspositori di SD Negeri Parangloe Lata Kabupaten Gowa. (3) Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik kelas V sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar PAI berbasis strategi ekspositori di SD Negeri Parangloe Lata Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan <em>pre-exsperimental design </em>dengan jenis desain <em>“one grup pretest-posttest”.</em> Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum penerapan bahan ajar PAI berbasis strategi ekspositori pada materi cita-citaku menjadi anak shalih sebesar 49,23. (2) Hasil belajar peserta didik setelah penerapan bahan ajar PAI berbasis strategi ekspositori pada materi “cita-citaku menjadi anak shalih” sebesar 75,38. (3) Berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000. Nilai signifikansi yang diperoleh tersebut lebih kecil dari ???? (0,000 &lt; 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan bahan ajar PAI berbasis strategi ekspositori dan data rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan sehingga penerapan bahan ajar PAI berbasis strategi ekspositori ini berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Parangloe Lata Kabupaten Gowa.</p> 2024-07-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Sri Wahyuni, Marjuni, Muzakkir http://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/463 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA 3 DIMENSI BERBASIS METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VI SD NEGERI 17 KAB. BARRU 2024-06-28T03:24:17+00:00 Widya Sasmita Ningrum widyaasnji6@gmail.com St. Syamsudduha widyaasnji6@gmail.com Muh. Anwar HM widyaasnji6@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar tematik kelas VI sebelum menggunakan media 3 dimensi berbasis metode diskusi, 2) Mengetahui hasil belajar tematik kelas VI sesudah menggunakan media 3 dimensi berbasis metode diskusi, 3) Mengetahui seberapa berpengaruh penggunaan media 3 dimensi berbasis metode diskusi terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas VI. Penelitian ini merupakan penelitian <em>eksperimen</em><em> semu</em> dengan jenis desain <em>One-Group Pretest-Posttest Design. </em>Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji <em>paired sample t-test</em>. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis deskriptif hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 17 Kabupaten Barru sebelum menggunakan media 3 dimensi berbasis metode diskusi rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik yakni 58.76, dengan nilai maksimum 67 dan minimum 52. Hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 17 Kabupaten Barru sesudah menggunakan media 3 dimensi berbasis metode diskusi rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik yakni 78,84, dengan nilai maksimum 88 dan minimum 73. Berdasarkan hasil analisis diatas, diperoleh hipotesis bahwa penggunaan media 3 dimensi berbasis metode diskusi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas VI SD Negeri 17 Kab. Barru.</p> 2024-07-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Widya Sasmita Ningrum, St. Syamsudduha, Muh. Anwar HM http://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/464 KETERAMPILAN GURU DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DI MI PERGURUAN ISLAM GANRA KABUPATEN SOPPENG 2024-06-28T03:29:12+00:00 Hardianti Madinah hardiantimadinah04@gmail.com St. Syamsudduha hardiantimadinah04@gmail.com Muh. Anwar HM hardiantimadinah04@gmail.com <p>Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam pelaksanaan penilaian autentik di MI Perguruan Islam Ganra Kab. Soppeng. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket yang dilaksanakan di MI Perguruan Islam Ganra. Populasi dalam penelitian ini semua guru kelas di MI Perguruan Islam sebanyak 6 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 6 orang dengan menggunakan metode <em>sampling jenuh. </em>Instrumen yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam menganalisis kualitas penilaian serta penetapan acuan kriteria masih memerlukan perhatian khusus dan perlu ditingkatkan. Hal &nbsp;ini disebabkan oleh banyaknya komponen yang harus diperhatikan secara bersamaan dalam penilaian autentik. Serta yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan penilaian autentik yaitu guru kesulitan dalam mendeskripsikan hasil penilaian, banyaknya komponen yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan penilaian, rekap nilai guru masih dilakukan secara manual, dan guru masih mengalami kendala dalam perhitungan nilai akhir. Hal ini mengindikasikan bahwa hambatan dalam pelaksanaan penilaian autentik masih perlu diperhatikan.</p> 2024-07-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Hardianti Madinah, St. Syamsudduha, Muh. Anwar HM http://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/465 PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR 2024-06-28T03:38:57+00:00 Ridwanudin ridwanudins2@gmail.com Hana Lestari hanalestari@inais.ac.id Samsul Huda samsul.huda@inais.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan <em>gadget</em> terhadap perkembangan kognitif siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Pamijahan, Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi&nbsp; dan teknik regresi linier sederhana. Subjek penelitian ini siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI Kecamatan Pamijahan, Bogor, yang terdiri dari sebelas sekolah dengan jumlah 302 sampel siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan nilai R square sebesar&nbsp; 0,096 (9,6%) yang menunjukkan bahwa variabel independen (penggunaan <em>gadget</em>) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (perkembangan kognitif) sebesar 9,6%. Sedangkan 90,4% di pengaruhi oleh variabel lainnya. Interpretasi r membuktikan pengaruh penggunaan <em>gadget</em> terhadap perkembangan kognitif berada dalam kategori sangat rendah dengan interval koefisien yaitu&nbsp; 0,00-0,199. Hasil uji t ditemukan bahwa t <sub>hitung</sub> &lt; t <sub>tabel</sub> (1,676 &lt; 1,968) maka H<sub>1</sub> ditolak secara statistik adalah tidak signifikan, dari hasil uji t nilai signifikan lebih besar dari 0,05 (0,095&gt; 0,05) berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara&nbsp; penggunaan <em>gadget</em> terhadap perkembangan kognitif.</p> 2024-07-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Ridwanudin, Hana Lestari, Samsul Huda http://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/471 PENGARUH PENERAPAN METODE MEMBACA TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CENTRE MAWANG KAB. GOWA 2024-07-04T07:22:22+00:00 Sarneti sarneti12345@gmail.com St. Syamsudduha sarneti12345@gmail.com Dahlia Patiung sarneti12345@gmail.com Andi Halimah sarneti12345@gmail.com <p>Skripsi ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan metode membaca terbimbing dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SDN Centre Mawang Kab. Gowa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian eksperimental semu <em>(quasi experimental design)</em>. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang tidak menerapkan metode membaca terbimbing berada pada kategori tinggi, dengan skor rata-rata <em>pretest</em> sebesar 61 dan skor rata-rata <em>posttest</em> sebesar 77. Sedangkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menerapkan metode membaca terbimbing berada pada kategori tinggi, dengan skor rata-rata <em>pretest</em> sebesar 59 dan skor rata-rata <em>posttest</em> sebesar 82. Kemudian dari hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan metode membaca terbimbing berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SDN Centre Mawang Kab. Gowa. Dengan nilai korelasinya sebesar 55,4% sedangkan sisanya sebesar 44,6% dipengaruhi oleh variabel lain berada pada kategori sedang. &nbsp;</p> 2024-07-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Sarneti, St. Syamsudduha, Dahlia Patiung, Andi Halimah