Purnama Sari
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh permasa• lahan yang ditemukan ketika melaksanakan pembelajaran yaitu rendahnya aktivitas belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran IImu Pengetahuan Sosial (IPS) dan rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IX-3 di SMP Negeri 4 Cileungsi Kabupaten Bogar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan secara sistematis terhadap berbagai tindakan. Langkah-langkah penelitian terdiri atas beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-3. Penentuan masalah sebagai solusi peneliti menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari 74,75% siklus I menjadi
82,75% pada siklus II hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 8% dengan demikian Model Pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari 72,22 % pada siklus I menjadi 86,11 % pada siklus II hal ini menunjukan peningkatan sebesar 13,89%, dengan demikian Pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa