Yulia Suhartati
Penelitian penulis lakukan karena dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS dan kurangnya aktivitas siswa terhadap materi Keragaman Bentuk Muka Bumi menjadikan kegiatan belajar mengajar materi pelajaran tersebut pasif dan cenderung tidak menarik perhatian siswa. Jika hal ini dibiarkan begitu saja tanpa upaya nyata dari guru maka ada kemungkinan guru akan mengalami masalah yang sama seperti semester semester sebelumnya. Memperhatikan kondisi tersebut maka saya sebagai guru IPS merasa tertarik dan ingin memperbaiki masalah tersebut dengan memperbaiki kwalitas proses belajar mengajar khususnya pada materi Keragaman Bentuk Muka Bumi dengan menerapkan metode pembelajaran lnkuiri. Penelitian dilaksanakan di SMPN 3 Gunungputri dari September sampai Nopember 2012. Subjek penelitian kelas VII.B yang berjumlah 43 orang peserta didik. Metode yang digunakan penelitian tindakan kelas ( classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahya: 1)Pembelajaran dengan metode lnkuiri dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru, dalam proses pembelajaran pada siklus I sebesar 81,% dan pada siklus II sebesar 87%, 2) Pembelajaran dengan metode lnkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan 3) Presentase hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 72,09% dan pada siklus II sebesar 81,40%. Dengan menggunakan metode lnkuiri pada Materi Keanekaragaman Bentuk Muka Bumi hasil belajar siswa dapat meningkat.