Siti Amalia
Rendahnya budaya literasi bangsa Indonesia disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap budaya membaca karena umumnya hanya sekedar bisa membaca dan menulis. Seharusnya literasi lebih komprehensif yaitu integrasi keterampilan menyimak, berbicara, menulis, membaca dan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran matematika materi Aljabar di kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bogor.Tahapan pada penelitian tindakan kelas (PTK) ini mencakup (1) Merencanakan PTK, (2) Melaksanakan PTK, (3) Melaksanakan observasi, dan (4) Melakukan refleksi. Pada siklus I diperoleh hasil 34,6% dan belum mencapai KKM (75). Kesulitan Peserta didik dalam siklus I yaitu Peserta didik belum terampil membedakan suku-suku sejenis dan tidak sejenis, sehingga Peserta didik masih menjumlahkan atau mengurangkan suku-suku yang tidak sejenis. Pada siklus II, diperoleh prosentase belajar 69,2%, dan Peserta didik sudah terbiasa menulis laporan dan menjawab soal sambil berdiskusi dengan kelompoknya. Pada siklus Ill diperoleh hasil ketuntasan belajar 93,3%. Data observasi tindakan dan hasil belajar pada siklus Ill dideskripsikan bahwa pembelajaran konsep aljabar dinilai baik berdasarkan pendekatan literasi. Peserta didik sudah memiliki kemampuan menjawab soal quiz dengan kategori baik. Dengan demikian, hasil penelitian ini dari siklus I, II, dan Ill memperlihatkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan.