Solichin
Penelitian dilatarbelakangi oleh nilai mata pelajaran llmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IX-7 SMP Negeri 1 Cariu Kabupaten Bogar yang belum optimal. Sebanyak 23 Peserta didik (57,5%) dari 40 Peserta didik mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Sedangkan sebanyak 17 Peserta didik (42,5%) mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Tujuan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPA Peserta didik materi bioteknologi pangan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share kelas IX-7 SMP Negeri 1 Cariu Kabupaten Bogar Tahun Pelajaran 2015/2016 Semester 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas subyek penelitian Peserta didik kelas IX-7 dengan lokasi penelitian SMP Negeri 1 Cariu tahun pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui pengamatan dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pelaksanaan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share mampu memberikan kontribusi yang positif terhadap aktivitas belajar Peserta didik dan peningkatan hasil belajar IPA Peserta didik kelas IX-7 SMP Negeri 1 Cariu Kabupaten Bogar tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini terbukti adanya peningkatan aktivitas belajar Peserta didik pada siklus I sebesar 72, 73%, siklus II sebesar
82,69 dan hasil tes Peserta didik yang pada pra siklus rata-rata sebesar 66,5 dan keberhasilan 30%, siklus I rata-rata sebesar 70 dan keberhasilan 52,5%, dan siklus 11 rata-rata sebesar 83 dan keberhasilan 77,5%.