Konsep Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah (Studi Kasus: MTs. Darul Ihya Ciomas)
Isi Artikel Utama
Penelitian ini mengkaji tentang konsep kepemimpinan dan pengambilan keputusan kepala sekolah MTs. Darul Ihya Ciomas dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan wawancara sebagai teknik dalam pengumpulan data. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah MTs. Darul Ihya Ciomas memiliki tipe kepemimpinan yang unik dan berbasis pelayan yang fokus pada perlindungan dan cenderung memprioritaskan kebutuhan dan kepentingan warga sekolah. Dalam proses pengambilan keputusan, kepala sekolah selalu konsisten menggunakan asas kekeluargaan dan gotong royong agar terciptanya lingkungan yang inklusif dan kolaboratif. Asas-asas ini bukan hanya meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab penuh di antara tenaga pendidik dan tenaga kependidikan namun melibatkan kolaborasi yang lebih komprehensif demi tercapainya tujuan pendidikan yang efektif dan efisien.
Choliq, Abd. 2020. “Kepemimpinan Yang Melayani (Servant Leadership) Sebagai Gaya Kepemimpinan Kekinian.” Kementerian Keuangan Republik Indonesia. 2020.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. 4th ed. Jakarta: PT Gramedia.
Hutahayan, Benny. 2020. Kepemimpinan: Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish.
Iskandar, Uray. 2013. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 10 (1): 1018–27. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061.
Julaiha, Siti. 2019. “Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah.” Tarbiyah Wa Ta’lim:Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran 6 (3): 51–62.
Kompri. 2015. Manajemen Sekolah: Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kristiawan, Muhammad, Yuyun Yuniarsih, Happy Fitria, and Nola Refika. 2019. Supervisi Pendidikan. 1st ed. Bandung: Alfabeta.
Mulyaningsih. 2020. Kepemimpinan Dalam Pengambilan Keputusan. Transformasi. Vol. I. Bandung: CV Kimfa Mandiri.
Mulyasa, H.E. 2011. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Northouse, Peter G. 2013. Leadership: Theory and Practice. 6th ed. Los Angeles: SAGE Publications.
Peraturan Menteri RI. 2007. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 13 Tahun 2007, Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.” Jakarta.
Peraturan Pemerintah RI. 2007. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 19 Tahun 2007, Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Jakarta.
———. 2017. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19, Tahun 2017 Tentang Guru.” Jakarta.
———. 2018. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.” Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta.
Robiansyah, and M. Amin Kadafi. 2021. Manajemen Organisasi: Penjelasan Singkat 40 Konsep Dasar. Vol. 53. Bogor: Halaman Moeka Publishing.
Sagala, Syaiful. 2018. Pendekatan & Model Kepemimpinan. Jakarta: Predamedia Group.
Suparman. 2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah & Guru (Sebuah Pengantar Teoritik). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Ysh, A.Y. Soegeng, and Ghufron Abdullah. 2018. Kepala Sekolah: Teacher, Leader, Dan Manager. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.