IMPLEMENTASI SIKLUS DEMINGS PADA PRODUKSI GOOGLE ADS STOCK WARS TRADING COMPETITION DI PT SUCOR SEKURITAS
Isi Artikel Utama
Husna Nurul Izzah
Bayu Suriaatmaja Suwanda
Erna Ernawati
Stock Wars Trading Competition merupakan kompetisi trading yang diadakan oleh PT Sucor
Sekuritas sejak tahun 2019 silam. Stock Wars Trading Competition memilih Google Ads
sebagai media untuk mempromosikan kompetisi tersebut. PDCA (Plan, Do, Check dan Action)
atau yang biasa disebut siklus Demings, merupakan siklus peningkatan proses yangberkesinambungan atau terus menerus. Google Ads Stock Wars Trading Competitionmenggunakan siklus Demings pada proses produksinya agar iklan dapat terus mengalamipeningkatan baik itu dari segi kualitas iklan maupun audiens. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk menganalisis implementasi siklus Demings pada produksi Google Ads Stock Wars Trading Competition. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah partisipasi aktif,wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil dari observasi selama menjalankan kegiatan proyek akhir di PT Sucor Sekuritas adalah masing-masing tahapan pada siklus PDCA memiliki tahapan produksi Google Adsnya tersendiri. Tahap Plan meliputi penulisan headline, penulisan deskripsi, pembuatan poster campaign, pemilihan kata kunci rendah kompetisi, penargetan demografis, penargetan lokasi, dan targeting audiens. Tahap do terdiri atas pengaturan jadwal iklan dan penentuan budget campaign. Tahapan check meliputi pemantauan dan perekapan harian Google Ads Stock Wars Trading Competition yang telah dipublikasi. Tahapan action sebagai tahapan terakhir ialah memublikasikan Google Ads yang telah di produksi.
Buku
Razali, G. 2022. Ilmu Komunikasi dan Informasi dan transaksi elektronik. Bandung: Media Sains Indonesia.
Rahman, S. 2021. Buku Sakti Google Ads. Jakartas: PT Elex Media Komputindo.
Rachmadi, T. 2020. 10 Cara Jago Google Ads. Jakarta: Tiga Ebook.
Sitorus, F. O. Utami, N. 2017. Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Wibowo, S. H. 2022. Teknologi Digital di Era Modern. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
Widayanti, V. D. 2022. Iklan Elektronik Prancis dalam Kajian Semio-Pragmatik. Yogyakarta: Samudra Biru.
Fiantika, R. F. Wasil, M. Jumiyati, S. Honesti, L. Wahyuni, S. Mouw, E. Jonata, Mashudi, I. Hasanah, N. Maharani, A. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
Fawzi, H. G. C. Iskandar, S. A. Erlangga, E. Nurjaya. Sunarsih, D. 2022. Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Banten: Pascal Books.
Jurnal
Martowinangun, K. Lestari, S. J. D. Karyadi. 2019. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan di CV. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial, 1(2):140. [diakses 2024 Mei 16]
https://journal.ikopin.ac.id/index.php/co-management/article/view/162/124
Nazara, D. S. 2021. Pengaruh Periklanan Terhadap Volume Penjualan Pada Toko Tricomsel Gunung Situli. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3):1387. [diakses 2024 Jan 31]
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35613
Nawassyarif, Julkarnain, M. Ananda, R. K. 2020. Sistem Informasi Pengolahan Data Ternak UnitPelaksana Teknis Produksi dan Kesehatan Hewan Berbasis Web. Jurnal Informatika, Teknologi dan Sains, 2(1):34. [diakses 2024 Mei 15]
Puspitarini, S. D. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House) . Jurnal Common, 3(1):72. [diakses 2024 Jan 31]
https://www.mendeley.com/catalogue/6c8f8fef-212f-3e75-bf43-3bd7c495e9c2/
Rachman, P. 2020. Implementasi Plan-Do-Check-Action (PDCA) Berbasis Key Performance Indicators (KPI): Studi Kasus di SMP-SMA Integral Ar-Rohmah Dau Malang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2):133. [diakses 2024 Mei 16]
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/981/pdf
Website
Datareportal. 2024. Digital 2024: Indonesia. [diunduh 2024 Mei 4]. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia