PRAKTIK EGALITARIAN DI PANGGUNG MTQ INDONESIA: TELAAH PEMIKIRAN ANNE K. RASMUSSEN
Isi Artikel Utama
Jimmy Lukita
Inayah Rohmaniyah
Peran perempuan sebagai pembaca al-Qur’an di ruang publik masih dinilai tabu di banyak negara Islam, khususnya yang ada di Timur Tengah. Kondisi ini berbeda didapatkan oleh Anne K. Rasmussen yang mana perempuan secara leluasa dapat menampilkan bacaan al-Qur’an mereka pada kegiatan MTQ yang diadakan di Indonesia. Tidak hanya dalam hal membacakan al-Qur’an, praktik egalitarian yang berkembang pada kegiatan MTQ juga dalam bentuk perempuan sebagai dewan hakim dan audiens pada setiap penampilan pembacaan al-Qur’an. Di dalam bukunya Rasmussen menyebutkan setidaknya ada tiga faktor yang memicu terjadinya praktik egalitarian pada kegiatan MTQ ini, 1) faktor pendidikan-keagamaan, 2) faktor sosial-budaya, 3) faktor politik kebijakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitik dan pendekatan kualitatif, dengan itu artikel ini mencoba mengungkap pemikiran Rasmussen yang menerangkan pada kegiatan MTQ ada praktik egalitarian, ada faktor yang melatarbelakangi, dan memiliki implikasi terhadap kegiatan itu sendiri. Di antara implikasinya adalah, implikasi pengetahuan, implikasi norma, dan implikasi paraktik.
Kata kunci: Anne K. Rasmussen, MTQ, Egalitarian, Implikasi
Agustono, Ihwan. 2020. “Potret Perkembangan Metodologi Kelompok Orientalis Dalam Studi Al-Qur’an.” Studia Quranika 4(2):159. doi: 10.21111/studiquran.v4i2.3819.
Ahmad Zayadi, Dkk. 2023. Buku Pedoman Musabaqah Al-Qur’an Dan Al-Hadits Tahun 2023. 1st ed. Jakarta: Direktorat Penerangan Agama Islam.
Ariska, Risa. 2022. Semangat Egalitarianisme Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Studi Tafsir Qs Al-Hujurat: 13). Lampung: UIN Raden Intan.
Azwar, Alfi Julizun. 2018. “Gagasan Rekonstruksi Tradisi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Dalam Perspektif Rahmatan Lil ’Alamin.” Jurnal Ilmu Agama 02(01):16–37. doi: https://doi.org/10.19109/jia.v19i1.2379.
Boli, Mukdar. 2017. “Peran Pendidikan Agama Terhadap Hubungan Sosial Kemasyarakatan Antar Umat Beragama.” El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(1):117–39.
Doorn-Harder, Pieternella van. 2023. “The Spirituality of Qurʾan Recitation.” Pp. 277–96 in The Wiley Blackwell Companion to Islamic Spirituality, edited by V. J. Cornell and B. B. Lawrence. West Sussex: John Wiley & Sons Ltd.
Fadhillah Iffah, Yuni Fitri Yasni. 2022. “Manusia Sebagai Makhluk Sosial.” Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis, Dan Filologi 1(1). doi: http://dx.doi.org/10.31958/lathaif.v1i1.5926.
Fraser, Jennifer. 2015. “Performance, Popular Culture, and Piety in Muslim Southeast Asia, Edited by Timothy P. Daniels.” Anthropological Forum 25(2):191–92. doi: 10.1080/00664677.2014.960064.
Gade, Anna M. 2004. Perfection Makes Practice: Learning, Emotion, and the Recited Quran in Indonesia. Honolulu: University of Hawaii Press.
Harnish, David. 2011. “Tensions between Adat (Custom) and Agama (Religion) in the Music of Lombok.” Pp. 80–108 in Divine Inspirations: Music and Islam in Indonesia, edited by D. Harnish and A. K. Rasmussen. Oxford: Oxford University Press, Inc.
Haryani, Heny. 2012. Seni Membaca Al-Qur’an Sebagai Media Dakwah Menurut H.Muammar Za. Jakarta: Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah.
Hilmi, Wan, Wan Abdullah, Wan Nasyruddin, and Wan Abdullah. 2021. “Faktor Penerimaan Islam Dan Kesan Dakwah Qari-Qari Mesir Melalui Tilawah Al-Quran Terhadap Golongan Non Muslim.” Jurnal Pengajian Islam 14(I):91–101.
Jannah, Miftahul. 2016. “(Festival Al-Qur’an Sebagai Bentuk Resepsi Estetis) Musabaqah Tilawatil Qur’an Di Indonesia.” 15(2):87–95.
Kaelan. 2012. Metde Penelitian Kualitatif Interdisipliner. 1st ed. Yogyakarta: Paradigma.
LPTQ. 1994. 25 Tahun Musabaqah Tilawatil Qur’an Dan 17 Tahun Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an. Jakarta: Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Tingkat Nasional.
Lukita, Jimmy. 2022. “Maria Ulfah Dan Konservasi Nagham Al-Quran Di Indonesia.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Madjid, Nurcholish. 1992. Islam Doktrin Dan Peradaban : Sebuah Telaah Kritis Tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, Dan Kemodernan. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadani.
Mardhatillah, Masyithah. 2015. “Semangat Egalitarian Al-Qur’an Dalam Otoritas Menginisiasi Dan Prosedur Perceraian.” 16(1):1–14.
Masrurin, ‘Ainatu. 2019. “Murattal Dan Mujawwad Al-Qur’an Di Media Sosial.” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis 19(2):188. doi: 10.14421/qh.2018.1902-04.
Masrurin, Ainatu. n.d. “Resepsi Al-Quran Dalam Tradisi Pesantren Di Indonesia.” Jurnal Studi Al-Quran Dan Tafsir Vol. 3(No. 2).
Moss, Jeremy. 2009. “Egalitarianism and the Value of Equality.” Journal of Ethics and Social Philosophy.
Nelson, Kristina. 2001. The Art of Reciting the Qur’an. Cairo: The American University in Cairo Press.
Noorhidayati, Salamah, Hibbi Farihin, and Thoriqul Aziz. 2020. “MELACAK SEJARAH DAN PENGGUNAAN NAGHAM ARABI DI INDONESIA.” QOF: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir 4(2):43–58.
Osborne, Lauren E. 2022. “Qur’an Recital.” Pp. 234–45 in Routledge Handbook of Islamic Ritual and Practice, edited by O. Leaman. London: Routledge.
Rakhman, Itmam Aulia. 2019. “Islam Dan Egalitarianisme: Ruang Terbuka Kesetaraan Gender.” Jurnal At-Ta’wil 01(01):62–73.
Rasmussen, Anne K. 2010. Women, the Recited Qur’an, and Islamic Music in Indonesia. edited by 1. California: University of California Press.
Rasmussen, Anne K. 2011. “The Muslim Sisterhood: Religious Performance, Transnational Feminism(s), and the Particularity of Indonesia.” Pp. 111–31 in Divine Inspirations: Music and Islam in Indonesia, edited by D. Harnish and A. K. Rasmussen. Oxford: Oxford University Press, Inc.
Rasmussen, Anne K. 2016. The Music of Multicultural America: Performance, Community and Identity in the United States. Jckson: University Press of Mississippi.
Rasmussen, Anne K. 2017. “Women Out Loud: Religious Performance in Islamic Indonesia.” Pp. 191–215 in Theorizing Sound Writing, edited by D. A. Kapchan. Middletown: Wesleyan University Press.
Rasmussen, Anne K. 2019. “Adab and Embodiment in the Process of Performance: Islamic Musical Arts in Indonesia.” Pp. 149–68 in Piety, Politics, and Everyday Ethics in Southeast Asian Islam: Beautiful Behavior, edited by R. Rozehnal. London: Bloomsbury Publishing Plc.
Rasmussen, Anne K. 2019. Merayakan Islam Dengan Irama: Perempuan, Seni Tilawa, Dan Musik Islam Di Indonesia. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Rasmussen, Anne K. n.d. Divine Inspirations: Music and Islam in Indonesia. Oxford and New York: Oxford University Press.
Rohman, Nur. 2016. “Anna M. Gade Dan MTQ Di Indonesia: Sebuah Kajian Metodologis.” Al-A’raf : Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat 13(1):109. doi: 10.22515/ajpif.v13i1.42.
Ronaldi, Abon, Arief Subhan, and Arif Zamhari. 2023. “Implikasi Dakwah Musabaqah Tilawatil Qur’an Dalam Pembangunan Masyarakat Qur’ani.” Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 23(1):1–20. doi: 10.15575/anida.v23i1.22518.
Shihab, M. Quraish. 1996. Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.
Sri Handayana, Muhamad Rezi. 2018. “MTQ: Antara Seni Membaca Al-Qur’an Dan Politik Akomodasionis Pemerintah Terhadap Umat Islam.” Journal of Islamic Studies 02.
Sumayyah Hilyatul Afida, Fuad Masykur, Inti Ulfi Sholichah. 2023. “Kedudukan Perempuan Dalam Menuntut Ilmu Perspektif Raden Ajeng Kartini Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam (Kajian Feminisme).” Tarbawi 6(1):59–77.
Thamrin, M. Husni. 2008. “Nagham Al-Qur’an (Telaah Atas Kemunculan Dan Perkembangan Nagham Di Indonesia).” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Thoha, Mohammad, Agama Islam, and Negeri Madura. 2022. “EGALITARIANISME PENDIDIKAN ISLAM (Telaah a Tas Pemikiran M. Fethullah Gűlen Dan Korelasinya Dengan Pendidikan Islam Di Indonesia) 1.” x(1):173–87.