KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
Isi Artikel Utama
Putri Tsilvya Syafana
Atina Khusna
Muhammad Irfan Maulana
Ahmad Alamul Huda
Dalam konteks pendidikan, keberhasilan tidak hanya tergantung pada satu komponen, tetapi melibatkan seluruh komponen yang saling terkait satu sama lain, agar tujuan utama pendidikan dapat tercapai. Perencanaan, yang merupakan landasan setiap kegiatan ilmiah, harus dilaksanakan secara terstruktur dan sistematis. Sama halnya dengan pendidikan, diperlukan program-program terencana yang dapat memandu proses pendidikan menuju tujuan yang diinginkan. Proses pendidikan, dari pelaksanaan hingga penilaian, dikenal sebagai kurikulum. Kurikulum merupakan komponen penting dalam pendidikan karena menjalankan tujuan-tujuan yang diinginkan; bahkan, tanpa keterlibatan kurikulum, tujuan tersebut tidak akan tercapai. Kurikulum, sebagai salah satu komponen inti pendidikan, memiliki struktur yang terdiri dari berbagai komponen yang saling melengkapi, termasuk tujuan, struktur, program, strategi pelaksanaan, penilaian hasil belajar, bimbingan-penyuluhan, serta administrasi dan supervisi pendidikan
Agil Husain Almunawar, Said, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’an dalam Sistem Pendidikan Islam, Ciputat:Ciputat Press, 2005.
Arifin, Syamsul. 2021. “Perspektif Al-Qur’an dan Hadits Tentang Materi Pendidikan Agama Islam”. TAMADDUN : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan. Vol. 2. No. 1.
Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011
Dakir, H., Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Rineka Cipta, 2004.
Hanafi, M. (2014). Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Agama Islam. Islamuna, 1(2), 282.
Hamalik, O. (2016). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, A., & Andayani, D. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maulida. 2021. “Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Kurikulum”, BIDAYAH : Studi Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 14. No. 2.
Munir, M., & Jannah, M. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sebagai Solusi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Academia Education, 03(2), 1–16.
Nasution, S., Asas-asas Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Nata, Abuddin, Sejarah Pendidikan Islam: Pada periode Klasik dan Pertengahan. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.Nisrofah, Siti; dkk. 2024. Living Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Pekalongan : PT Nasya Expanding Management.
Nisrofah, Siti; dkk. 2024. Living Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Pekalongan : PT Nasya Expanding Management.
Nurmadiah. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Afkar, 3(2), 41–54.
Nuzul, Dinda Amanda Ainun. 2023. "Kurikulum Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadits Tarbawi". JSTAF : Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah. Vol. 02. No. 1.
Qolbi, Satria Kharimul dan Hamami, Tasman. 2021. “Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3. No. 4.
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2009.
Satrisno, Hengki. 2018. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta : Samudra Biru.
Sidik, F. (2016). Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Irfani, 12(1), 100– 114.
Sisdiknas, U. (n.d.). Undang-Undang Sekretariat Negara RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Surawan dan Athaillah, Muhammad. 2021. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta : K-Media.
Syahril1, Al Munawar, Said Agil Husin dan Alwizar. 2022. "Pendidikan Ibadah dalam Perspektif Al-Qur'an". Jurnal An-Nur. Vol. 11. No. 1.
Syaodih, Nana, Sukmadinata, Pengem-bangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010
Wafi, A. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 135.
Widodo, Hendro. 2023. Pengembangan Kurikulum PAI. Yogyakarta : UAD PRESS.
Zaman, M. K. (2019). Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Kemajemukan. Edupedia, 3(2), 149 155
Zuhairini, & Ghafir, A. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UM Press.