Pengembangan Metode Pembelajaran Dengan Konsep Sintesis Sains dan al-Quran (SSQ)
Isi Artikel Utama
Eko Sudarmanto
Ahmad Amarullah
Hairul Saleh
Siti Rabiah Yusuf
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran dengan pendekatan konsep Sintesis Sains dan al-Quran (SSQ). Penelitian ini menggunakan pendekatan literature review dengan menerapkan metode analisis konten yang merupakan jenis studi kualitatif konseptual. Hasil penelitian ini adalah bahwa pendekatan sintesis sains dan al-Quran adalah sebuah konsep baru dalam metode pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan, agar peserta didik lebih memahami konsep-konsep sains secara mendalam serta mampu mengintegrasikan ayat-ayat al-Quran yang relevan dengan topik-topik ilmiah kontemporer.
Adhim, A. Al. (2016). Al-Qur’an sebagai Sumber Hukum. Jepe Press Media Utama.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al- Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al- Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Endraswara, S. (2011). Metodologi Penelitian Sastra. Tim redaksi CAPS.
Eriyanto. (2011). Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Prenadamedia.
Halimatussa’diyah. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. CV. Jakad MEdia Publshing.
Harahap, Syahrin. (2015). Islam & Modernitas – Dari Teori Modernisasi Hingga Penegakan Kesalehan Modern. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hills, Michael D. (2002). Kluckhohn and Strodtbeck's Values Orientation Theory. University of Wikato, New Zealand. https://scholarworks.gvsu.edu/orpc/vol4
Hussain, M., & Atiq, M. (2006). "Islamic perspectives on the nature of science." Interchange, 37(2), 205-223.
Ismail, N., Abdullah, M., & Jusoff, K. (2009). "The Importance of Critical Thinking Skills in Research." International Journal of Social Sciences, 5(1), 4-5.
Kambali, K., Ayunina, I., & Mujani, A. (2019). Tujuan Pendidikan Islam Dalam Membangun Karater Siswa Di Era Digital (Studi Analisis Pemikiran Pendidikan Islam Abuddin Nata). Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 1–19. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.106
Kambali, K., Ayunina, I., & Mujani, A. (2019). Tujuan Pendidikan Islam Dalam Membangun Karater Siswa Di Era Digital (Studi Analisis Pemikiran Pendidikan Islam Abuddin Nata). Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 1–19. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.106
Khairi dkk. (2021). Pendidikan Agama Islam dalam Nilai Moral dan Etika Kebidanan. Cipta MEdia Nusantara.
Kumara, A., Virnanda, A., Azmi, L. S., & Auliani, R. R. (2019). Implementasi ilmu pengetahuan dalam perspektif Al- Quran sebagai upaya menghadapi tantangan zaman. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 3(2), 114. https://al-fkar.com/index.php/Afkar_Journal/issue%0A/view/4
Kumara, A., Virnanda, A., Azmi, L. S., & Auliani, R. R. (2019). Implementasi ilmu pengetahuan dalam perspektif Al- Quran sebagai upaya menghadapi tantangan zaman. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 3(2), 114. https://al-fkar.com/index.php/Afkar_Journal/issue%0A/view/4
Kupperman, Joel J. (1998). Value... and What Follows. Oxford University Press.
Lurie, Walter. (2010). A Study of Spranger's Value-Types by the Method of Factor Analysis. The Journal of Social and Psychology, Vol. 8. https://doi.org/10.1080/00224545.1937.9919989
Mahfud, C., Khairunisa, A., Prasetyo, A., Bayu, E., Alfreda, M. (2021). Urgensi Membangun Paradigma Qurani Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Di Era Digital. Al-Tadzkiyyah – Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 12 (1), https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i1.8625
Mahfud, M. (2018). Mengenal Ontologi, Epistemologi, Aksiologi Dalam Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 4(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i1.58
Man, N. D., Puji, T. I. Z. T., & Mohamad, S. (2018). Menangani Keruntuhan Akhlak Masa Kini Menurut Islam. Jurnal Al-Turath, 3(1), 55–63.
Mansir, F. (2020). Diskursus Sains dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah Era Digital. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 3(2), 144–157. https://doi.org/10.37329/kamaya.v3i2.437
Mansir, F. (2020). Diskursus Sains dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah Era Digital. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 3(2), 144–157. https://doi.org/10.37329/kamaya.v3i2.437
Muslih, M. (2016). Al-Qur’an dan Lahirnya Sains Teistik. Tsaqafah, 12(2), 257–280. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v12i2.756
Muslih, M. (2016). Al-Qur’an dan Lahirnya Sains Teistik. Tsaqafah, 12(2), 257–280. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v12i2.756
Nasr, S. H. (2013). Islamic Science: An Illustrated Study. World Wisdom.
Nazaruddin dkk. (2018). Menangani Keruntuhan Akhlak Masa Kini Menurut Islam. Jurnal At-Turats, Vol. 3 (1), 55-63. https://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/atturats
Oles, Pioter K. & Hermans, Hubert, J.M. (2010). Allport‐Vernon Study of Values. Corsini Encyclopedia of Psychology. https://doi.org/10.1002/9780470479216.corpsy0038
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Pendekatan Kuantitatif. Deepublish.
Sarwi. (2018). Integrasi Sains Islami Bidang Pendidikan Membentuk Karakter Positif Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Fitk Unsiq, 1(1), 3. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/116
Sarwi. (2018). Integrasi Sains Islami Bidang Pendidikan Membentuk Karakter Positif Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Fitk Unsiq, 1(1), 3. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/116
Strathern, P. (2003). Crick, Watson & DNA. Erlangga.
Sudarmanto, Eko dkk. (2022). Metode Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sudarmanto, Eko. (2023). Pencegahan Fraud dengan Manajemen Risiko dalam Perspektif al-Quran. Univesitas PTIQ Jakarta: Disertasi.
Sugiyono & Iskandar. (2021). Integrasi Sains dan Teknologi dalam Sistem Pendidikan Islam Menurut Pandangan Al-Qur’an. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Volume 04, No. 01, 127-145. https://doi.org/10.21093/sajie.v0i0.4102
Sugiyono & Iskandar. (2021). Integrasi Sains dan Teknologi dalam Sistem Pendidikan Islam Menurut Pandangan Al-Qur’an. Southeast Asean Journal of Islamic Education, Vol. 4 (1), https://doi.org/10.21093/sajie.v0i0.4102
Sulthoni, A., Karima, I., & Tengah, J. (2017). Konsep Al-Qur ` An Dalam Menghadapi Era Modern ( Studi Penafsiran Abul Hasan Ali An-Nadwi atas Surat Al-Kahfi ) AL-QURAN IN RESPONSE TO GLOBAL ERA ( A Study On Interpretation Of Abdul Hasan Ali An- Nadwi Towards Al-Kahfi ). 21–29.
Suryana, D., Yulia, R., & Safrizal, S. (2021). Content Analysis of Al-Qur’an Science Integration in Children’S Animated Serial of Riko the Series on Hujan’S Episode. Ta’dib, 24(1), 93. https://doi.org/10.31958/jt.v24i1.2808
Suryana, D., Yulia, R., & Safrizal, S. (2021). Content Analysis of Al-Qur’an Science Integration in Children’S Animated Serial of Riko the Series on Hujan’S Episode. Ta’dib, 24(1), 93. https://doi.org/10.31958/jt.v24i1.2808
Tarigan, P. B. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Al Qur’an Pada Kalangan Remaja Di Era Digital. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yusuf, Sitti R. & Sudarmanto, E. (2023). Berpikir Sintesis. Malang: Selaksa Media.