Perpustakaan Desa Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Desa Ciasihan
Isi Artikel Utama
Risa Apriani
Dea Andara Shafira
Aenatul Mardliyyah
Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya minat baca yang mengakibatkan rendahnya pengetahuan yang salah satu penyebabnya yaitu tidak tersedianya fasilitas umum untuk membaca . Tujuan dalam penelitian dan pelaksanaan pengadaan Perpustakaan Desa ini adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analis data yaitu triangulasi. Adapun pelaksanaan Pengadaan Perpustakan Desa adalah dengan melakukan pembuatan perpustakaan desa melalui beberapa tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi dan tindak lanjut.
Akhmar, I. A., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Metode Efektif Menghafal Al Quran Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Sebuah Kajian Pustaka). El Muztama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(41), 1–20.
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Konseling, 2(1).
Friantary, H. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Disastra, 1(1). 66-70.
Giantara, F., Yanti, N., Kusnadi, Bainar, & Mursal. (2020). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Sekolah Di Perumahan Bumi Mandala 2. Community Develpment Journal, 1(3). 265-270.
Hutauruk, A., Subakti, H., Simarmata, D., Lestari, H., Al Haddar, G., Da’i, M., Purba, S., Khalik, M., & Cahyaningrum, V. (2022). Media Pembelajaran dan TIK. In Jakarta : Yayasan Kita Menulis (Vol. 5, Issue 3).
Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., & Wulan, A. R. (2021). Infusion of Environment Dimension of ESD into Science Learning Through the RADEC Learning Model in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 205–212. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.817
Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., & Wulan, A. R. (2022). Integration of Sustainable Development Education into Thematic Learning in Elementary Schools. AIP Conference Proceedings, 2468(December). https://doi.org/10.1063/5.0102663
Lestari, H., & Rahmawati, I. (2020). Integrated STEM through Project Based Learning and Guided Inquiry on Scientific Literacy Abilities in Terms of Self-Efficacy Levels. Al Ibtida, 7(1), 19–32.
Lestari, H., Setiawan, W., & Siskandar, R. (2020). Science Literacy Ability of Elementary Students Through Nature of Science-based Learning with the Utilization of the Ministry of Education and Culture ’ s " Learning House ". Journal of Research in Science Education, 6(2), 215–220. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.410
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Maskurotunitsa, & Rohmiyati. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5 (4). 81-90.
Nafisah. (2014). Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2 (2). 70-81.
Purba, Chamidah, D., Anzelina, D., Nugroho, A., Mary, M., Lestari, H., Salamun, Suesilowati, Rahmawati, I., & Kato, I. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Yayasan Kita Menulis. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Sari, P. N., Husadha, C., Haryanto, R. A., Andrian, Teguh, E., Prasetyo, & Istianingsih. (2021). Perpustakaan Desa Terhadap Minat Baca Lingkungan Desa Muara Bakti, Kabupaten Bekasi. Jurnal ABDIMAS, 4 (1). 17-26.
Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Dan Otonomi Daerah Nomor 3 Tahun 2001, Perpustakaan Desa Atau Kelurahan
Wandira, P. N., Lestari, H., & Mukri, R. (2023). Efektivitas Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bogor. Primer Edukasi Journal, 2(1). https://jurnal-inais.id/index.php/JPE/article/view/134