Pengembangan Media Perdalstik Pada Materi Perkalian Kelas III SD
Isi Artikel Utama
Pirda Amalia
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya variasi media belajar pada materi perkalian matematika kelas III. siswa hanya melakukan kotret menggunakan kertas untuk mencari hasil permasalah perkalian, tetapi minat murid terhadap pembahasan perkalian pada bidang pelajaran matematika di kelas III SD dapat dikatakan minat hanya saja belum ada pembuatan media belajar. Pengembangan penelitian ini bertujuan : Mengembangan media belajar matematika berupa perdalstik (perkalian dalam stik) agar melambungkan pengalaman belajar siswa terhadap pembahasan perkalian kelas III SDN Gunung Picung 08 Kabupaten Bogor. Pengembangan penelitian media pembelajaran Perdalstik pada materi perkalian kelas III di SDN Gunung Picung 08 ini peneliti menggunakan pendekatan pengembangan atau yang dikenal dengan Research and Development (R&D) dengan model penelitian yaitu memperoleh produk bersifat analisis kebutuhan, dengan model ADDIE akan tetapi hanya sampai tahap development saja, maka diperlukan penelitian media pembelajaran yaitu Perdalstik (perkalian dalam stik) yang bertujuan untuk menumbuhkan pengalaman belajar siswa kelas III SD. Penilaian penelitian dilaksanakan dengan 2 ahli, ialah validator media dan validator materi. Media perdalstik (perkalian dalam stik) tersebut memperoleh nilai (1) dari ahli media mendapatkan skor 100% (2) dan ahli materi mendapatkan skor 100%. Maka membuktikan dari kedua penilaian media perdalstik terbilang pada kategori "sangat relevan" atas skor rata-rata sebesar 100% dengan hasil bahwa media pembelajaran perdalstik mampu diterapkan dilapangan tanpa perbaikan.
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Journal Of Elementary Education, 3(2), 129-.
Amka, M. H. S. (2018). Media Pembelajaran Inklusi. Www.Nizamiacenter.Com
Arima, N., & Indrawati, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Stick Box Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Kelas Iii Sekolah Dasar. Jpgsd, 06(07).
Danuri, & Nugroho, W. (N.D.). Modul Matematika.
Djafar. (2018). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Yayasan Nuansa Cendia.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2). Http://Www.Aftanalisis.Com
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra I Made. (N.D.). Makna Peran Media Dalam Komunikasi Dan Pembelajaran Media Pembelajaran (F. Sukmawati, Ed.; Mei 2021). Tahta Media Group.
Hidayat Fitria, & Nizar, M. (N.D.). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Model In Islamic Education Learning.
Hutauruk, A., Subakti, H., Simarmata, D., Lestari, H., Al Haddar, G., Da’i, M., Purba, S., Khalik, M., & Cahyaningrum, V. (2022). Media Pembelajaran Dan Tik. In Jakarta : Yayasan Kita Menulis (Vol. 5, Issue 3).
Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., & Wulan, A. R. (2022). Integration Of Sustainable Development Education Into Thematic Learning In Elementary Schools. Aip Conference Proceedings, 2468(December). Https://Doi.Org/10.1063/5.0102663.
Lestari, H., Banila, L., & Siskandar, R. (2019). Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Stem Improving Student ’ S Science Literacy Competencies Based On Learning Independence With Stem Learning. 14(2), 18–23.
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills Of Teachers In Elementary School In The Revolution 4.0. International Conference On Elementary Education, 2(1), 302–311.
Ibda, F. (2015). Perkembagan Kognitif: Teori Jean Piaget. 3(1).
Jessica Michaela Mintorogo. (2014). Perancangan Media Interaktif Pengenalpan Alphalbet Berbasis Alat Permianan Edukatif Untuk Anak Usia 2-4 Tahun. Jurnal Dkv Adiwarna.
Matt Jarvis. (2011). Teori-Teori Psikologi. Nusa Media.
Maulana, I., Yaswinda, & Nasution, N. (2020). Pengenalan Konsep Perkalian Menggunakan Media Rak Telur Rainbow Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Mintarjo. (2018). Perkalian Bilangan Bulat Dengan Media Garis.
Panggabean, S., Nurjenah, R., & Siregar, N. (2022). Pendidikan Matematika Di Sekolah Dasar. Media Sains Indonesia.
Sariana, N. (2017). Pembuatan Animasi 2 Dimensi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Perkalian Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Dengan Metode Frame By Frame Dan Metode Cross Line.
Rahma, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi, 2, 2.
Ramli, M. (2012). Media Dan Teknologi Pembelajaran.
Sali, N., Avicenna, A., Susilowati, E., Ernawati, E. A., Panjaitan, M. M., Yustita, A., Susanti, S. Saodah, Saputro, A. N., Muslimin, T., Saputro, D., & Lestari, H. (2022). Dasar-Dasar Pendidikan Karakter.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. 228. Www.Pisaindonesia.Wordpress.Com
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).
Wandira, P. N., Lestari, H., & Mukri, R. (2023). Efektivitas Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bogor. Primer Edukasi Journal, 2(1). Https://Jurnal-Inais.Id/Index.Php/Jpe/Article/View/134