Evaluasi Model Context, Input, Process, Product (CIPP) Pada Program Unggulan Riset MAN 3 Palembang
Isi Artikel Utama
nurviana nurviana
Penelitian bertujuan untuk menganalisis sejauh mana efektivitas daya guna, serta menganalisis faktor penghambat dan pendukung pada pelaksanaan Program Unggulan Riset MAN 3 Palembang mengunakan model pendekatan Context, Input, Process, Product (CIPP) dari Daniel L. Stufflebeam. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan menggunakan analisis data dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah melakukan analisis data kualitatif dilakukan terus-menerus sampai tuntas dan datanya sudah jenuh. Tahap yang dilakukan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan ferivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Evaluasi Context, hal yang dilakukan setelah program berjalan adalah program telah sampai tahap evaluasi dengan melakukan perbaikan program oleh tim manajemen MAN 3 Palembang. Evaluasi Input, telah dilakukan pengawasan dan penilaian kepada guru pembina KIR dan siswa begitupun saat seleksi guru pembina dan siswa. Materi, pelatihan, metode, media, sarana dan prasarana program riset sudah, sumber dana operasional dan insentif sudah dimanajemen sebaik mungkin. Evaluasi Process, MAN 3 Palembang telah melaksanakan program unggulan riset dalam bentuk pelaksanaan baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Hal yang memungkinkan untuk direvisi dari keputusan adalah siswa yang disarankan agar siswa kelas riset yang proposalnya tidak lulus seleksi untuk kompetisi agar tetap berada dikelas riset untuk tahun berikutnya, tidak langsung dipindahkan ke kelas reguler. Product, dan mencapai prestasi memenangkan kompetisi riset yaitu prestasi kompetisi KIR sudah baik sedangkan budaya riset perlu ditingkatkan lagi. Faktor penghambat adalah masih mungkin mengalami gangguan jaringan internet, tidak semua siswa menggunakan laptop, kurangnya pemahaman sebagian siswa, kurang komunikasi, masih ditemukan siswa yang belum memahami materi. Faktor pendukung adalah dukungan berupa motivasi dari berbagai pihak terkait, sarana dan prasarana lengkap, pendidik kompeten, siswa bersemangat, dukungan wali siswa dan komite, lingkungan sekolah nyaman
Herlina, Rita Retnowati, dan Griet Helena Laihad. 2020. “Manajemen Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Sehat Di Smp Islam Cendekia Cianjur (Sicc) Boarding School.” Jurnal Manajemen Pendidikan 8(1):13–19. doi: 10.33751/jmp.v8i1.1949.
Hutabarat, Jemsly. 2006. Proses, Formasi dan Implementasi Manajemen Strategik Kontemporer Oprasionalisasi Strategi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Johnson, R. Burke, dan Walter Dick. 2012. “Models of Program Evaluation.” Evaluating and Managing Instructional Programs and Projects (1990):96–101.
Jumari. 2020. Evaluasi Program Pendidikan Madrasah Ramah Anak. Tinjauan Teoritis dan Praktis Berbasis CIPP Model. Cetakan pe. diedit oleh Abdul. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. “Permendikbud nomor 75 tahun 2020 tentang komite sekolah.”
Kustandi, Cecep, dan Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Edisi Pert. Jakarta: Kencana (Devisi Prenadamedia Group).
Olatunji, Michael. 2017. “Critical Thinking in Nigeria’s Pre-Service Teachers Education: A Philosophical Investigation.” Critical Thinking in Nigeria’s Pre-Service Teachers Education: A Philosophical Investigation 6(2):205–21.
Pera, A. 2019. “GAMBARAN UMUM MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PALEMBANG.” 1–23.
Prakoso, Bagus Hary, Zulmi Ramdani, dan Bilqisthi Rahmah. 2021. “Teacher’s Perception on Merdeka Belajar Policy.” Indonesian Journal of Educational Assessment 3(2). doi: 10.26499/ijea.v3i2.84.
Puspita, Ingelia, Rudy Iskandar, dan I. Putu Danny Hadi Kusuma. 2021. Kerangka Bagan Akun Standar pada Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara. diedit oleh R. A. Pasha. Jakarta: Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu.
Putra, Andreas, T. A. 2018. “Evaluasi program pendidikan: Pendekatan evaluasi program berorientasi tujuan (Goal-oriented evaluation approach).” Jurnal IAIN 55–68.
Rini Aulia, yaswinda, Mega Adyna Movitaria. 2022. “Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD tentang Pendidikan Holistik Integratif di Nagari Taram.” Jurnal Inovasi Penelitianitian 2(8):2363–72. doi: 2722-9475.
Setiyaningrum, Ayu. 2016. “Implementasi Model Evaluasi CIPP Pada Pelaksanaan Program Implementation of Cipp Evaluation Model on the Education and Training.” e-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan V:265–79.
Sofica, Verra, Tasha Samira Febiola, Minda Septiani, dan Rahayu Ningsih. 2020. “Penerimaan Peserta Didik Baru Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada SMPIT Tambun Islamic School.” Jurnal Infortech 2(2):177–83. doi: 10.31294/infortech.v2i2.9122.
Soleh, Ibnu. 2023. Manajemen Pendidikan Islam. Cetakan Pe. diedit oleh N. Duniawati. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Stufflebeam, Daniel L., dan Zhang Guili. 2017. The CIPP Evaluation Model How to Evaluate for Improvement and Accountability. e-book. New York: The Guilford Press.
Sugiman, Iman, Muchtar Luthfie, dan Rizal Taufikkurohman. 2020. “Analisis Kebutuhan Inovasi Teknologi terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.” Jurnal Ilmu Manajemen 9(2):122. doi: 10.32502/jimn.v9i2.2507.
Susita, Dewi. 2023. Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan I. diedit oleh Hanita. Bantul Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Terry, George R., dan Leslie W. Rue. 2019. Dasar-dasar Manajemen Edisi Revisi (Buku terjemahan dari judul asli Principples of Management). Cetakan pe. diedit oleh B. S. Fatmawati. Jakarta: Bumi Aksara.
Turmuzi, Muhammad dkk. 2021. “Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product).” Jurnal basicedu 5(6):6349_6356.
Widodo, Hendro. 2019. Pendidikan Holistik Berbasis Budaya Sekolah. cetakan pertama diedit oleh H. Rahmawan. Yogyakarta: Uad Press.
Wildani. 2021. Perencanaan Satuan Pendidikan Madrasah. Cetakan Pe. diedit oleh M. Hidayat. Lombok Tengah, NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Yeni, Dea Ismi, Heny Wulandari, dan Eti Hadiati. 2020. “Pelaksanaan Program Pemberian Makanan Sehat Anak Usia Dini : Studi Evaluasi Program CIPP.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1–15. doi: 10.37985/murhum.v1i2.9.