Pengaruh Komunikasi Interpersonal Tour Guide Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Curug Cikuluwung
Isi Artikel Utama
Febri Palupi Muslikhah
Erna Ernawati
Syamsul Rizal
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal tour guide terhadap kepuasan pengunjung di Curug Cikuluwung Bogor, Seberapa besar pengaruh komunikasi interpersonal tour guide terhadap kepuasan pengunjung di Curug Cikuluwung Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yaitu pencarian data atau informasi dari realitas permasalahan yang ada dengan mengacu pada pembuktian konsep atau teori yang digunakan yang dilakukan pada pengunjung curug cikuluwung dan dipilih menggunakan Accidental sampling dengan 100 responden. Berdasarkan data yang diperoleh maupun hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan mengenai pengaruh komunikasi interpersonal tour guide terhadap kepuasan pengunjung di Curug Cikuluwung, yaitu berdasarkan hasil uji t menunjukkan nilai p-value 0.000 (0.000 < 0.05) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak, berarti ada pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kepuasan pengunjung Curug Cikuluwung Bogor (Y). berdasarkan hasil uji determinasi nilai koefisien Adjusted R Square yang dihasilkan oleh variabel independen sebesar 0,370 yang artinya adalah 37%. Hal ini menunjukkan semakian tinggi komunikasi interpersonal semakin tinggi tingkat kepuasan pengunjung.